METAPHORICHAL EXPRESSION IN THE BEATLES “LOVE”

  • Administrator System
  • Wayan Heka Arcana Putra STIBA Saraswati Denpasar
  • I Wayan Juniartha STIBA Saraswati Denpasar

Abstract

ABSTRACT
                                                                                                         
Dalam mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran, manusia sebagai mahluk yang ekspresif, selalu menemukan cara mengungkapkan pikiran tersebut dalam kalimat dan menuangkan dalam sebuah karya baik itu novel, drama, puisi, atau syair lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jenis metafora dan maknanya pada lirik lagu Beatles pada album Love.
Data diperolah dari lirik lagu sebuah grup musik bernama The Beatles yang merupakan salah satu grup musik yang sangat terkenal di dunia. Dalam album “Love “, ditemukan 26 lagu dan akhirnya dipilih 8 lagu untuk dianalisa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dimulai dengan mencatat lirik dari 8 lagu The Beatles yang memuat majas metafora dan mengategorikan data-data tersebut berdasarkan tipe metafora. kemudian data dianalisa dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan teori metafora oleh Lakoff and Johnson (2003) dan didukung dengan teori dari Konvecses (2002; 2010) and Lakoff (1980).  
Hasil temuan dari penelitian ini bahwa terdapat ketiga jenis metafora, yaitu: Structural Metaphor, Orientational Metaphor, dan Ontological Metaphor dan juga figure berkaitan yang dipakai dalam data pada lirik lagu grup musik The Beatles. Selain itu, proses mapping  ungkapan metafora dari sumber ke ranah target banyak mengungkap makna sebenarnya. Penelitian ini banyak mengungkap metafora yang digunakan pada lirik lagu dan ungkapan tersebut kebanyakan mencerminkan pengalaman hidup manusia dan interaksi manusia dengan dunia sekitarnya.
 
Kata kunci: metaphorical expression, mapping, meaning, The Beatles

References

I. BIBLIOGRAPHY
Knowles, M. and Moon. 2006. Introducing Metaphor. London: Routledge.

Konvecses, Zoltan. 2010. Metaphor: A Practical Introduction. Second edition. New York: Oxford University Press.

Kövecses, Zoltán. 2002. Metaphor: A Practical Introduction. York: Oxford University Press

Lakoff, George and Mark Johnson. 2003. Metaphor We Live By. London: University Of Chicago Press.

Lakoff, George and Mark Johnson. 1980. Metaphors We Live By. Chicago/London: The University of Chicago Press.

Li, Xiuzhi. 2010. Conceptual Metaphor Theory and Teaching of English and Chinese Idioms. Volume 1. Finland: Academy Publisher

Sudaryanto. 1993. Metode Dan Aneka Teknik Analisa Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Lingustik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Published
2017-12-16
How to Cite
SYSTEM, Administrator; ARCANA PUTRA, Wayan Heka; JUNIARTHA, I Wayan. METAPHORICHAL EXPRESSION IN THE BEATLES “LOVE”. Sphota : Jurnal Linguistik dan Sastra, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 1--7, dec. 2017. ISSN 2580-7358. Available at: <http://sphota.stibasaraswati.ac.id/index.php/sphota/article/view/79>. Date accessed: 20 july 2018.
Section
Articles