Sikap Santun Tuturan orang Jepang dalam Statusnya sebagai Wisatawan Jepang yang Datang Ke Travel His Rimba Jimbaran

  • Administrator System
  • Anak Agung Ayu Dian Andriyani - STIBA Saraswati Denpasar

Abstract

                                                                    Abstrak
        Kesantunan sama dengan tata krama atau etiket yaitu tata cara, adat atau kebiasaan yang berlaku dalam suatu masyarakat beradab untuk memelihara hubungan baik antara sesama manusia. Kesantunan merupakan aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati bersama oleh suatu masyarakat tertentu sehingga kesantunan sekaligus menjadi persyaratan yang disepakati dalam perilaku sosial. Selain itu juga, kesantunan sangat kontekstual, yakni berlaku dalam suatu masyarakat, tempat, atau situasi tertentu, tetapi belum tentu berlaku bagi masyarakat, tempat atau situasi lain. Sehingga dalam intrekasi agar terjalin situasi harmonis tetap berpegang pada Latar fisik dan Psikologis ( Setting n Scene), Peserta tutur ( Partisipants), Tujuan Tutur ( Ends), Urutan Tindak ( Acts), Nada Tutur ( Keys), Saluran Tutur ( Instruments), Norma Tutur (Norms) dan Jenis Tutur ( Genres) dan disingkat menjadi SPEAKING. Pada tuturan wisatawan Jepang dapat dilihat nilai santun walau dalam statusnya sebagai tamu yang datang kepulau Bali untuk menikmati liburan tetap berpegang teguh pada norma santun dengan tujuan untuk menjalin hubungan yang baik antara wisaatan Jepang dengan berbagai pihak pariwisata khususnya staf gro di lingkungan kantaor cabang His Rimba Jimbaran.
Kata kunci : Kesantunan, kontekstual

References

Daftar Pustaka
Leech, Geoffrey.1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik (diterjemahkan oleh M.D.D.Oka). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Levinson. C. Stephen.1989. Pragmatic. Cambridge: Cambridge Universitas Press.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Sutedi,Dedi. 2003. Dasar-dasar Lingustik Jepang. Bandung: Humaniora.
Searle, Jhon R. 1969. Speech Acts, An Essay in The Philosophy of Language. Cambridge University Press.
Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik. Bagian Kedua. Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudaryanto.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sendra, I Made. 2005. “Pemakaian Unda Usuk Bahasa Jepang dalam Berkomunikasi dengan Wisatawan Jepang”. Bali. Universitas Udayana.
Wierzbicka, A. 1999. Emotions across Languages and Cultures: Diversity and Universal. Cambridge: Cambridges University Press.
Wijana, Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2017-11-22
How to Cite
SYSTEM, Administrator; -, Anak Agung Ayu Dian Andriyani. Sikap Santun Tuturan orang Jepang dalam Statusnya sebagai Wisatawan Jepang yang Datang Ke Travel His Rimba Jimbaran. Sphota : Jurnal Linguistik dan Sastra, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 46--58, nov. 2017. ISSN 2580-7358. Available at: <http://sphota.stibasaraswati.ac.id/index.php/sphota/article/view/65>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles