Penerapan Problem-Based Learning dengan Siklus Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai Argumentatif

  • Anak Agung Putri Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Kemampuan menulis esai argumentatif sebagai kebutuhan di abad 21 sangat penting dikuasai mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis mereka. Dirancang sebagai penelitian tindakan kelas, peneliti menerapkan Problem-Based Learning dengan siklus Lesson Study yang menjawab dua pertanyaan penelitian berikut: (a) Bisakah kemampuan menulis esai argumentatif dari mahasiswa ditingkatkan dengan penerapan Problem-Based Learning dengan siklus Lesson Study? Dan (b) Bagaimanakah respon mahasiswa terhadap penerapannya? Subjek penelitian terdiri dari 36 mahasiswa semester IVA di PSP Bahasa Inggris, FKIP Unmas Denpasar. Untuk mengumpulkan data, tes dan kuisioner dipakai sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif (model interaktif). Ditemukan bahwa penerapan Problem-Based Learning dan Lesson Study mampu meningkatkan kemampuan menulis esai argumentatif mahasiswa serta subjek memberikan respon yang positif terhadap penerapannya demi peningkatan pembelajaran.
 
 

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Anlisia, Yunita. (2017). Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Hasil Observasi Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diunduh tanggal 11 Desember 2017, tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/download/13008/9307
Hendayana, Sumar, dkk. (2006) Lesson Study, Suatu Strategi Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA), (Bandung: FPMIPA UPI dan JICA)
Herawati, N., Widodo, M., & Munaris. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IX. Lampung: Universitas Lampung.
Hook Jc. and Evans B. (2004). Define Writing as A Tool for Communication. Diunduh tanggal 10 Desember 2017, tersedia di http://www.sil.org/lingualinks/literacy/referencematerials/glossaryofliteracyterms/whatarewritingskills.htm, downloaded on 3 June 2016.
Kasiyah. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diunduh tanggal 11 Desember 2017, tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=327852&val=7223&title=PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20MENULIS%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20MASALAH%20SISWA%20KELAS%20XII.
Kemenristekdikt. 2018. Pedoman Program Short Term Training on Lesson Study (STOLS). Diunduh pada 26 Pebruari 2019, tersedia: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/10/17/pedoman-program-short-term-training-on-lesson-study-stols/.
Kurnia, G. (2015) Pengembangan Alat Asesmen Keterampilan Menulis Menggunakan Teknologi Komputasi Awan pada Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh tanggal 11 Desember 2017 ,tersedia di http://repository.upi.edu/18582/1/S_KTP_1004759_chapter1.pdf.
Lidinillah, D.A.M. (n.d.). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning). Diunduh tanggal 12 Desember 2017, tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_%28KD-TASIKMALAYA%29-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Problem%20Based%20Learning.pdf.
Marhaeni, A.A.I.N. 2005. Pengaruh Asesmen Portifolio Dan Motivasi Berprestasi Dalam Belajar Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris. Unpublished thesis: Universitas Negeri Jakarta.
Mulyana. (2005). Kajian Wacana Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mulyana, S. (2007). Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat.
Nursafitri, L. (). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study. Diunduh tanggal12 Desember 2017, tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=374769&val=7241&title=IMPROVING%20THE%20QUALITY%20OF%20LEARNING%20%20THROUGH%20LESSON%20STUDY.
Oktaviani, F.H. (2016). Thinking critically and creatively. Diunduh tanggal 11 Desember 2017, tersedia di http://fitrihoktaviani.lecture.ub.ac.id/tag/argumentative-essay/page/3/.
Ozagac, O. 2004.Argumentative Essay. Copyright @ 2006 Bogazici University SFL.[Online]. Diunduh pada 26 Pebruari 2019, tersedia: http://www.buowl.boun.edu.tr/students/types%20of%20essays/ARGUMENTATIVE%20ESSA..pdf.
Published
2019-04-09
How to Cite
MAHARANI, Anak Agung Putri. Penerapan Problem-Based Learning dengan Siklus Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai Argumentatif. Sphota : Jurnal Linguistik dan Sastra, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 36--44, apr. 2019. ISSN 2580-7358. Available at: <http://sphota.stibasaraswati.ac.id/index.php/sphota/article/view/116>. Date accessed: 16 sep. 2019.
Section
Articles