PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE TERHADAP PELAJARAN BAHASA INDONESIA IMPLEMENTASI DARI UNDANG – UNDANG NO 24 TAHUN 2009 DI SMP GANESHA DENPASAR

english

  • Kadek Apriliani STIBA Saraswati Denpasar

Abstract

PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE TERHADAP PELAJARAN BAHASA INDONESIA IMPLEMENTASI DARI UNDANG – UNDANG NO 24 TAHUN 2009  DI SMP GANESHA DENPASAR
RINGKASAN
 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode guru dan siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMP Ganesa Denpasar dalam komunikasi proses belajar mengajar di kelas. Selanjutnya penelitian ini bertujuanpula untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi alih kode dancampur kode dalam komunikasi guru-siswa saat berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan cara pengumpulan data bermacam-macam material dengan kajian teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Metode observasi juga dilakukan guna untuk mengukur sikap responden dengan cara merekam fenomena yang diteliti.
Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah meneliti jenis, factor dan pengaruh alih kode dan campur kode terhadap proses belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Ganesa Denpasar sesuai Undang-Undang No 24 Tahun 2009
 
Kata kunci : Alih Kode, Campur Kode, Bahasa Indonesia

References

Abdul Chaer 2007, Kajian Bahasa, Jakarta: Rineka Cipta
Abdul Chaer dan Leonie Agustina 2010, Sosiolinguistik Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka
CiptaAlwasilah, A. Chaedar. 1993. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya.
Jakarta: Rajawali Pers
Nugroho, Pungki. 2012. “Analisis Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode pada Guru Bahasa Indonesia di SMP N 2 Mantingan”. e-journal. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pusparini, Adhi I Gusti Ayu. 2015. Campur Kode pada Guru Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Internasional Doremi Excellent School Denpasar. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Undiksha
Rahardi, Kunjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saddhono, Kundharu. 2012. Pengantar Sosiolinguistik (Teori dan Konsep Dasar).Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press
Safitri, Nurdewi. 2011. Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Kembang Jepun Karya Remy Sylado dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bandarlampung
Sugiyarti. 2012. Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas
1 SD Negeri 1 Argomulyo Kecamatan Sumberejo Tanggamus tahun Pelajaran 2011/2012. Bandarlampung.
Sumarsono. 2008. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sabda. Sumarsono. 2011. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwandi, Sarwiji. 2010 . Serba Linguistik (Mengupas Pelbagai Praktik Bahasa)Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wijana, I Dewa Putu & Rohmadi, Muhammad. 2012. Sosiolinguistik. (Kajian Teori dan Analisis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Dasar 1945
Undang-Undang No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan
Published
2019-01-08
How to Cite
APRILIANI, Kadek. PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE TERHADAP PELAJARAN BAHASA INDONESIA IMPLEMENTASI DARI UNDANG – UNDANG NO 24 TAHUN 2009 DI SMP GANESHA DENPASAR. Sphota : Jurnal Linguistik dan Sastra, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 34--41, jan. 2019. ISSN 2580-7358. Available at: <http://sphota.stibasaraswati.ac.id/index.php/sphota/article/view/110>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles